Ini Akibatnya Kalau Gigi Berlubang Didiamkan dan Tak Ditambal

Karena berbagai alasan tertentu, orang-orang seringkali mengabaikan kesehatan giginya. Bahkan gigi yang sudah bolong pun didiamkan bertahun-tahun tanpa ditambal ke dokter gigi.

Jangan anggap enteng, gigi yang tak terpelihara dengan baik efeknya bisa memengaruhi kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan lho. Bahkan masalah yang kelak timbul tak sebatas di area mulut saja.

Menurut drg Yulia Prapti dari Klinik An-Nur, Setiabudi, Bandung, gigi berlubang yang dibiarkan dalam waktu lama dan tidak dilakukan perawatan akan menyebabkan bakteri semakin menumpuk. Bakteri ini kemudian dapat menimbulkan penyakit lain di dalam rongga mulut dan penyakit pada organ tubuh lainnya.

"Kondisi yang paling awal karena bertumpuknya bakteri akan menimbulkan bau mulut, peradangan gusi, infeksi gigi yang menyebabkan abses gigi atau nanah," tuturnya.

drg Yulia melanjutkan bahwa abses pada jaringan di bawah gusi dalam waktu lama juga dapat menyebabkan kista gigi, yang kemudian berujung pada tindakan operasi pengangkatan kista tersebut.

Tak cuma itu, gigi berlubang dan tidak segera dilakukan perawatan dalam jangka waktu yang panjang juga dapat menjadi fokal infeksi. Fokal infeksi yaitu suatu infeksi kronis di suatu tempat yang memicu penyakit lain.

"Bakteri dalam gigi yang menjadi fokal infeksi tadi dapat menyebar melalui sirkulasi darah atau pembuluh darah dan dapat menginfeksi organ-organ lain seperti organ pencernaan, organ pernapasan, organ jantung dan lain-lain. Jadi segeralah melakukan perawatan pada gigi yang berlubang agar tidak menimbulkan penyakit lain yang lebih parah," pesan drg Yulia. (detikhealth.com)


Contributors

Powered by Blogger.

Blog Archive