WANITA-WANITA PENGUKIR SEJARAH (3)

1
A. Anak-anak Rasulullah saw
 
1. Fathimah Az Zahra’
 
Nama lengkapnya adalah Fatimah binti Muhammad bin Abdullah bin abu Muthalib. la lahir lima tahun sebelum masa diutusnya Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. la merupakan putri termuda di antara putri-putri Nabi lainnya. la menikah dengan Ali Ra pada usianya yang ke 18 tahun. la merupakan ibu dari Hasan, Husain, Ummul Kultsum, dan Zaenab. 

Ketika turun kepada Nabi sebuah ayat (dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya) di rumah Ummu Kultsum, maka Nabi memanggil Fatimah, Hasan dan Husain, dan menjadikan mereka sebagai pengikut, begitu pula Ali yang berada di belakang Nabi juga dijadikan sebagai pengikutnya pula. Maka berkatalah Nabi "Ya Allah! Mereka semua ini adalah keluargaku. Hilangkanlah dari mereka segala kotoran, dan bersihkanlah (sucikanlah) sebersih-bersihnya". (Diriwayatkan oleh Turmudzi) 



Miswar bin Makhramah berkata: aku mendengar Rasululloh Saw berkata di atas mimbar "bahwasanya Hisyam bin al Mughoyyaroh meminta izin kepadaku untuk menikahkan anak perempuan mereka dengan Ali bin Abi Thalib. Namun aku tidak menyetujuinya, dan selanjutya pun juga tetap tidak menyetujuinya. Kecuali jika Ali bin Abi Thalib bersedia menceraikan anak perempuanku dan menikah dengan anak-anak mereka. Sesungguhnya anak perempuanku itu (Fatimah Az-Zahra') adalah bagian dariku.. ...."(HR Bukhari) 

Berkatalah Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bahwa wanita paling mulia di surga nanti adalah Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad, istri Firaun yang bernama Asyiah binti Muzakhim, dan Maryam binti Imran. (HR Ahmad) 

Diriwayatkan dari Aisyah Radhiyallahu Anha, ia berkata "Akubertemu dengan Fatimah. la berjalan sebagaimana layaknya Nabi berjalan. Dan di saat ia bertemu dengan Nabi Sliallallahu Alaihi wa Sallam, berkatalah Nabi "selamat datang wahai putriku", lalu nabi memintanya duduk disebelah kanan atau kirinya. Kemudian di saat nabi mengatakan sesuatu kepadanya, menangislah ia. Maka aku langsung berkata kepadanya "kenapa kamu menagis?" Namun, di saat nabi mengatakan sesuatu lagi kepada Fatimah, maka ia pun tertawa riang. Sekali lagi, aku pun berkata kepadan Fatimah "aku tidak pernah menjumpai kebahagiaan yang berdekatan dengan kesedihan sebagai mana hari ini" Maka aku bertanya kepadanya tentang apa yang telah dikatakan Nabi kepadanya. Berkatalah Fatimah "kamu jangan menyebarluaskan rahasia ini hingga Nabi wafat nanti." Lalu aku menanyakan rahasia itu, maka berkatalah Fatimah" Nabi telah memberi isyarat kepadaku, dan berkata bahwa Jibril biasanya meminta kepadaku (Nabi) untuk membaca al-Qur'an secara langsung dihadapannya sekali dalam setahun. Namun pada tahun ini, Jibril memintaku (Nabi) sebanyak dua kali", maka menangislah aku mendengar perkataan itu. Sebab, itu tandanya Nabi akan meninggalkan kita semua. Namun aku merasa sangat bahagia di saat Nabi berkata kepadaku "relakanlah dirimu menjadi ratu wanita-wanita penghuni surga, atau menjadi ratu wanita-wanita muslim." (Diriwayatkan oleh Al-Bukhari)

Anas Ra berkata "di saat sakit Nabi mulai parah dan berselimut, berkatalah Fatimah "sakitkah wahai ayah?" Maka berkatalah Nabi kepadanya" ayahmu tidak akan mengalami kesusahan setelah hari ini." Dan ketika Nabi wafat, berkatalah Fatimah "wahai ayah, Tuhan telah mengabulkan permohonanmu. Wahai ayah, surga firdaus adalah tempat kembalimu. Wahai ayah, Jibrillah yang akan memperhatikanmu. 

Dari Aisyah Radhiyallahu Anha Ummul Mu'minin (ibunya kaum beriman), berkata "aku tidak pernah melihat seorang pun yang mampu menyamai Fatimah dalam hal keserupaannya dengan Nabi. Ketenangan dan keistiqomahannya dalam duduk maupun berdiri sebagaimana ketenangan dan keistiqomahan Nabi. la di saat masuk kerumah Nabi, Nabi langsung berdiri manyambut kedatangannya. Begitu pula di saat Nabi mengunjungi rumah Fatimah, ia pun beranjak dari tempat duduknya untuk menyambut Nabi, dan memberikan tempat duduknya kepada Nabi." (Diriwayatkan oleh Turmudzi). 

Ibnul Jauzi berkata "bahwa Rasulullah mempunyai anak perempuan yang dimulyakan oleh Fatimah, dan mempunyai istri-istri yang lebih dahulu dari Aisyah." 

Fatimah meninggal dunia 6 bulan setelah kematian Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. la meninggal dunia dalam usianya yang ke 29 tahun. 

2. Zainab
 
la adalah Zaenab binti Muhammad bin Abdul Muthalib. la adalah anak perempuan tertua Rasulullah saw. Lahir sepuluh tahun sebelum masa kenabian Muhammad. la menikah dengan anak bibinya sendiri yang bernama Abu As bin Rabi', yang pada waktu itu masih berstatuskan kafir. Pada perang Badar, suaminya tertangkap oleh kaum muslimin, sehingga terjadilah perpisahan antara Zaenab dengan suaminya. Namun atas perintah ibunya (Khadijah), Zaenab berusaha memberi tebusan kepada tentara Islam untuk membebaskan suaminya. Namun, akhirnya Nabi memisahkan ke duapasangan itu. Nabi meminta kepada suami Zaenab agar rela melepaskan Zaenab. Suami Zaenab pun akhirnya memenuhi permintaan Nabi itu. Ini terjadi setelah ia bebergian dengan segerombolan orang-orang Qurays ke Mekkah. 

Suami Zaenab pernah melarikan diri dari tahanan kaum muslimin pada saat masa penaklukan Mekkah. Dan di saat ia pergi ke Madinah, Zaenab berusaha menjadikannya sebagai orang bayaran. Maka bersabdalah Rasulullah menyikapi tindakan Zaenab itu "setiapa anak pasti menghormati orang tuanya, suamimu tak berhak atas dirimu selama ia masih dalam keadaan Syirik." 

Zaenab dikarunia dua orang anak, yaitu Ali dan Amman. Ali meninggal pada usia yang masih sangat belia, sedang Amamah lah yang bisa tumbuh menjadi dewasa hingga akhirnya menikah dengan Khalifah Islam Ali bin abi Thalib setalah ditinggal mati oleh Fatimah Az-Zahra'. Zaenab meninggal dunia pada tahun 8 H. 

3. Ruqayyah
 
la adalah Ruqayyah binti Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthalib. Lahir tiga tahun setelah kelahiran Zaenab, tepatnya 20 tahun sebelum Hijriah. Ibunya adalah Khadijah yang dijuluki sebagai ibunya orang-orang beriman (Ummul Mu'minin). la menikah dengan Attabah bin Abu Lahab. Namun pada saat turun ayat yang berbunyi "Tabbat Yada Abi Lahabiu wa Tabb", maka marahlah abu Lahab dan meminta kepada putranya untuk menceraikan Ruqayyah, yang pada waktu itu masih dalam keadaan perawan. 

Ruqayyah masuk Islam di saat ibunya (Khadijah) masuk Islam. la menikah lagi dengan Utsman bin Affan. la termasuk orang-orang yang ikut melakukan perpindahan (Hijrah) ke Habsy selama dua kali; yaitu hijrah ke Habsy yang pertama dan sekaligus hijrah ke Habsy yang ke dua. Dari pernikahannya dengan Usman bin Affan, ia dikaruniai seorang anak yang diberi nama dengan Abdullah, namun anaknya itu meninggal dunia pada usia 6 tahun. la di saat hendak dipersiapkan oleh Rasulullah dalam perang Badar, sedang menderita penyakit campak. Oleh kerana itu, Usman bin Affan senantiasa menyertainya karena penyakitnya itu. la meninggal dunia pada tahun 2 Hijriah, di saat Rasulallah masih berada di perang Badar. 

B. Para shahabat dari kalangan wanita
 
1. Asma’ binti Abu Bakar
 
Nama lengkapnya adalah Asma' binti Abdullah bin Utsman Abi Bakar ks-Sidik. Lahir pada tahun 27 sebelum Hijriah, dan termasuk orang-orang pertama yang masuk Islam (Assabiqun Awwalum. Menikah dengan Zubair bin Awwab yang dikenal sebagai salah satu dari orang-orang yang telah dijanjikan masuk surga. Bahkan ia merupakan ibu dari Abdullah bin Zubair yang dikenal sebagai salah satu dari ke empat orang-orang terkemuka dalam bidang Hadits (al Ibadalah al Arbaah). Maka tidaklah mengherankan sekali, jika kelahirannya pula merupakan kelahiran pertama yang dirayakan di Madinah. Dan tak hanya itu saja, ayah, ibu, suami, anak, dan saudara perempuan Asma' bin abu Bakar, merupakan sahabat-sahabat Nabi yang setia. 

la mempunyai pengalaman yang sangat penting dalam hidupnya. Yaitu di saat ia beranjak meninggalkan rumah Abu Bakar As-Sidik menuju Madinah bersama Rasulullah. Pada saat itu, ia tak menemukan sebuah solusi yang dapat menyelesaikan rasa hausnya di saat melakukan perjalanan jauh bersama para sahabat dan Rasululluh Shallallahu Alaihi wa Sallam. Ia berkata kepada Abu Bakar bahwa ia tidak menemukan sebuah solusi yang dapat membantu permasalahan itu kecuali hanya sebuah tekad saja. Maka, menjawablah Abu Bakar "selesaikanlah permasalahan itu malalui dua hal. Pertama selesaikan rasa hausmu itu, sedang yang kedua adalah bahwa Hijrah Rasulullah itu harus sampai pada tujuan." Dua permasalahan itulah, pada akhirnya dijuluki sebagai prasasti dua kemampuan. 

Abu Jahal pernah berkata kepadanya tentang keberadaan ayah Asma' bin Abu Bakar. la mengatakan kepada Abu Jahal Bahwa ia tidak mengetahui keberadaan Ayahnya. Abu Lahab spontan langsung mengusap muka Asma' dan merampas serta membuang perhiasan yang senantiasa menghiasi hidungnya. 

Kakeknya yang bernama abu Khahah juga pernah meminta kepada Asma' harta peninggalan ayahnya setelah melakukan Hijrah bersama Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. la ingin meminta keseluruhan harta itu. Melihat fenomena itu, Asma' bergegas menuju sebuah kotak yang penuh dengan batu dan meletakkan tangan kakeknya itu di atas kotak tersebut. Sehingga sang kakek menyangka bahwa ayah Asma' telah mewariskan harta benda yang sangat banyak kepada Asma'.
la merupakan salah satu Sahabat Nabi yang ikut menyaksikan dan mengalami secara langsung perang Yarmuk. la melakukan perang itu bersama dengan suaminya (Zubair). la meminta kepada anaknya untuk senantiasa menjadi seorang pemberani dan berkemauan keras. Ini terbukti di saat Bani Umayyah hendak membunuh anaknya itu. Pada saat itu sang anak berkata kepada Asma': bahwa ia takut bernasib sama dengan ahli Syam. Asma' spontan menjawab perkataan anaknya itu bahwa "apa yang ditakutkan oleh seekor domba di saat telah di sembelih?" Artinya tidak ada yang perlu ditakutkan di saat nasi telah menjadi bubur, yaitu sebuah keharusan untuk melawan Dani Umayyah.
Dan ketika Al Hijaj bin Yusuf Al Thaqfi yang telah membunuh anaknya mengunjunginya seraya berkata kepadanya "bagaimana mungkin engkau menganggapku sebagai musuh Allah? Maka menjawablah Asma' "di saat engkau telah membunuh anak kandungku itu, maka akhiratmu pasti akan merugi!. Spontan al Hijaj bin Yusuf membela dirinya, dengan berkata "anakmu telah melakukan kekafiran di muka bumi ini." Namun Asma' membantah perkataan tersebut. la berkata dengan sangat lantang "engkau benar-benar seorang pendusta!." 

Ia meriwayatkan 56 Hadits Nabi, dan 26 diantaranya terdapat dalam Shahih Bukhari dan Muslim. Asma' bin Abu Bakar meninggal dunia di Mekkah pada usia seratus tahun. Anehnya pada usia yang begitu lanjut itu, tak ada satu pun giginya yang patah, dan otaknya masih sangat sehat dan berjalan sebagaimana mestinya, tidak sebagaimana orang-orang tua lainnya. Ia merupakan orang Muhajirin yang terakhir meninggal dunia. 

2. Asma’ binti Umais
 
Nama lengkapnya adalah Asma' binti Umais bin Maad bin Haris bin Tayim bin Haris al Khats'ami. la juga termasuk salah satu orang-orang yang awal masuk Islam. la ikut serta melakukan Hijrah menuju Habsy. Hijrah itu ia lakukan bersama suaminya yang bernama Ja'far bin abi Thalib, dan kemudian kembali dari hijrah bersamanya pula pada tahun 7 Hijriah. 

la pernah bersitegang dengan Umar Ra. Yaitu di saat Umar Ra mendatangi Khafshah anaknya yang pada waktu bersama dengan Asma'. la langsung bertanya "siapakah dia?". Menjawablah Khafshah, "ia adalah Asma' binti Umais." Lalu Umar bertanya lagi "apakah dia seorang yang berkebangsaan Habsy?". Asma' langsung menjawab "iya". Berkatalah Umar untuk kesekian kalinya "Hijrah kita lebih dahulu daripada hijrahnya bangsa kalian, dan kita mempunyai kedekatan dengan Rasulullah daripada kalian." Mendengar perkataan itu, ia langsung berujar, "demi Allah, perkataanmu itu tidak benar." Kalian lebih diuntungkan di saat bersama dengan Rasulullah. Rasulullahlah yang telah memberi makanan kepada kalian dan juga telah mengeluarkan kalian dari kebodohan. Ini berbeda sekali dengan kita yang berada di tempat yang sangat jauh, sehingga tak memungkinkan Rasulullah memberi kita makan maupun minum. Kita selalu dihinggapi rasa ketakutan dan kesedihan lantaran keimanan kita kepada Rasulullah. Ini semua murni karena keimanan kita kepadanya. Dan perkataanmu (Umar) tadi akan aku laporkan kepada Rasulullah apa adanya, tanpa mereduksi atau menambahi sedikitpun dari perkataanmu tadi. 

Kemudian, di saat Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam datang menghampiri mereka, berkatalah Asma' "ya Rasulullah Umar telah berkata semacam itu." Berkatalah Rasulullah, "apa yang kamu katakan kepada Umar?". Menjawablah Asma' dan mengatakan kepada Rasulullah sebagaimana yang telah ia katakan kepada Umar. Menjawablah Rasulullah "tidak ada orang yang lebih berhak atas diriku dari pada kalian. Umar dan Sahabatnya hanya melakukan Hijrah sekali saja, berbeda dengan kalian yang telah melakukan Hijrah bersamaku sebanyak dua kali." Mendengar perkataan itu, Asma' dan orang-orang yang telah melakukan Hijrah ke tanah Habsy merasa bergembira sekali. 

Di saat Ja'f ar bin Mu'nah meninggal dunia, Asma' kemudian menikah dengan Abu Bakar. Namun di saat abu Bakar meninggal dunia juga, Ali bin Abi Thaliblah yang menjadi suaminya yang terakhir. la merupakan seorang sahabat yang pernah melakukan Hijrah selama dua kali, menjadi istri dua Khalifah Islam yang kedua-duanya mati dalam keadaan syahid, dan juga merupakan salah seorang pengikut rasul yang menjalani sholat menghadap dua Kiblat; yaitu Baitul Maqdis dan Mekkah.
Anak-anaknya yang bernama Abdullah bin Ja'f ar dan Muhammad bin abi Bakar adalah dari suami Abu Bakar As-siddik, sedang Muhammad dan Yahya adalah dari suami Ali bin abi Thalib. Anaknya yang paling sombong adalah Muhammad bin Ja'f ar dan Muhammad bin abi Ja'f ar Ini terlihat di saat keduanya saling mengatakan satu sama lain "aku lebih mulia daripada kamu. Ayahku lebih baik daripada ayahmu." Perkataan itu dilontarkan dihadapan ibu dan All bin abi thalib. Di saat mendengar ungkapan itu, Ali meminta kepada Asma' untuk meluruskan kedua anaknya itu. Asma' langsung berkata "aku tak pernah melihat pemuda Arab yang lebih baik dari Ali, dan juga tak pernah melihat orang tua yang lebih arif daripada Abu Bakar." Mendengar perkataan itu, ali langsung langsung mengatakan "kamu tak pernah mewariskan sesuatu kepadaku, apabila kamu mengatakan sesuatu yang tak seperti yang kamu katakan tadi, maka aku pasti akan membencimu." 

Kemuliaan derajat Asma' terlihat pula dari perkataan Nabi bahwa Maimunah istri Nabi, Ummu Fadil istri Abas, Asma' binti Umais istri Ja'far dan Istri Hamzah adalah sekelompok wanita yang dijuluki sebagai persaudaraan wanita-wanita beriman." Maka tidak mengherankan sekali jika Umar bin Khaththab juga pernah meminta kepadanya untuk menafsirkan mimpinya. Asma' juga merupakan seorang perawi Hadits. la meriwayatkan Hadits Nabi sebanyak 60 Hadits.