ALLAH MENCINTAI JUMLAH YANG BANYAK DALAM SHALAT BERJAMAAH

komunitas_muslim_di_swiss_menjalankan_shalat_berjamaah_101103222443

Rasulullah SAW bersabda :

“ Dan shalatnya seseorang dengan orang lain adalah lebih baik daripada shalatnya seorang diri, dan shalatnya bersama dua orang adalah lebih baik daripada shalatnya bersama satu orang, dan jika lebih banyak (jumlah yang berjamaah dalam shalat) maka yang demikian itu adalah yang paling dicintai Allah Ta’ala”. (Shahih Sunan Abu Dawud : 518)

Shalat berjamaah adalah berkumpulnya beberapa orang dari kaum muslimin di suatu tempat untuk melaksanakan salah satu shalat diantara lima shalat yang telah Allah wajibkan. Semakin besar jumlah orang yang melakukan shalat berjamaah maka yang demikian itu adalah shalat yang paling dicintai Allah. Oleh karena itu masjid merupakan tempat yang paling dicintai Allah karena didalamnya berkumpul kaum muslimin dalam jumlah besar untuk melaksanakan shalat berjamaah. Maka dari itu pula Allah mengistimewakan shalat berjamaah daripada shalat sendiri dengan pahala sebanyak dua puluh tujuh derajat kebaikan.

Allah telah menetapkan kemuliaan dan pahala yang besar untuk orang yang melangkahkan kakinya menuju masjid, orang yang menunggu waktu shalat, orang yang shalat di shaf pertama dan kebaikan-kebaikan lainnya yang tak terhitung. Berikut adalah pahala shalat berjamaah di masjid :

1.Mendapat Pahala Yang Besar

Rasululullah SAW bersabda : “ Orang yang paling besar pahalanya dalam melaksanakan shalat adalah orang yang paling jauh, lalu yang paling jauh berjalan, dan orang yang menunggu shalat hingga ia melaksanakan shalat itu bersama seorang imam adalah lebih besar pahalanya daripada orang yang melaksanakan shalat kemudian ia tidur”. (HR. Al Buhari).

2.Allah Menyediakan Tempat Tinggal Di Surga

Rasulullah bersabda : “Barang siapa yang pergi ke masjid lalu kembali maka Allah menyediakan untuknya sebuah tempat tinggal di surga setiap kali ia datang atau pergi. (HR. AL Bukhari)

3.Setiap Satu Langkah Menghapus Dosa dan Langkah Yang Lain Mengangkat Derajatnya

Rasulullah SAW bersabda : “Barang siapa yang bersuci di rumahnya kemudian ia berjalan ke rumah diantara rumah-rumah Allah untuk melaksanakan kewajiban (shalat) diantara kewajiban-kewajiban yang telah Allah tetapkan, maka salah satu diantara kedua langkahnya itu akan menghapuskan darinya satu dosa dan langkah yang lainnya akan mengangkat satu derajat”. (HR. Muslim)

4.Mendapat Cahaya Pada Hari Kiamat

Rasulullah SAW bersabda : “Berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berjalan di dalam kegelapan yang sedang menuju ke masjid bahwa mereka akan mendapatkan cahaya yang sempurna pada hari kiamat”. (Shahih Sunan Abu Dawud:525).

5.Keutamaan Shaf Pertama

Rasulullah SAW bersabda : “ Seandainya manusia tahu apa yang terdapat pada adzan dan shaf pertama, kemudian mereka tidak mendapatkan kecuali dengan melakukan undian, maka pasti mereka akan melakukan undian untuk itu”. (HR. AL Bukhari)

6.Malaikat Bershalawat Untuk Manusia Yang Shalat Berjamaah

Rasulullah bersabda : “Para malaikat bershalawat kepada salah seorang diantara kalian yang berada di tempat shalatnya selama ia tidak berbicara, “Ya Allah ampunilah dia, Ya Allah kasihanilah dia”.(HR. AL Bukhari)

Masih banyak lagi keutamaan-keutamaan shalat berjamaah di masjid. Dan hanya Allah yang akan membalasnya dengan pahala yang berlipat. Semoga kita termasuk orang-orang yang selalu menjaga shalat berjamaah di masjid diawal.